Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berkunjung ke Semarang


Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah memang menjadi pusat seluruh kegiatan, entah itu pendidikan maupun pekerjaan. Terjadi pula dengan saya yang akhirnya menempuh pendidikan di kota ini, ya karena di Jogja enggak keterima saja hahaha. Saya sebagai orang yang lahir dan besar di Magelang memang menjadikan kedua kota tersebut menjadi referensi untuk menempuh pendidikan, tapi ternyata Semarang yang menjadi rezeki saya.

Saya pribadi memang senang sekali kalau disuruh jalan-jalan, apalagi kalau menyangkut pada gunung dan tempat yang dingin-dingin. Pada awalnya saya cukup skeptis dengan wisata yang Semarang punya, “Semarang ada apa saja, sih?’. Yang saya tahu Semarang itu hanya kota besar sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah dengan gedung-gedung tinggi, setinggi biaya hidupnya. Sampai akhirnya saya hidup di kota ini dan mengeksplorasi setiap tempat menariknya.

Eits, tapi jangan salah dulu, Semarang punya ceritanya sendiri. Kalau ada orang bertanya pada saya soal tempat-tempat apa saja yang bisa dikunjungi, akan saya jawab “banyak!”. Tapi bergantung pada tempat jenis apa yang ingin dikunjungi. Kalau ingin wisata sejarah, Kota Semarang memiliki banyak tempat menarik yang wajib banget dikunjungi. Kalau ingin wisata alam, harus pergi sedikit lebih jauh ke Kabupaten Semarang. Berikut adalah tempat yang enggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Semarang.

1. Lawang Sewu



Wah, kalau yang ini jelas banget enggak boleh terlewatkan! Saya yakin sekali kalau orang-orang ditanya tentang Semarang pasti akan terpikirkan tempat ini. Lawang Sewu berarti seribu pintu dalam Bahasa Indonesia, karena memang jumlah pintunya khan maeenn banyak banget!

Saya pribadi kalau mendengar Lawang Sewu langsung kepikiran tentang hal mistisnya. Banyak sekali orang yang menganggap tempat ini angker, maka dari itu cukup banyak pula yang uji nyali di tempat ini. Seperti acara TV yang satu itu tuh, Dunia Laut! Ehh atau dunia apaan sih yang bener yak? Tetapi pemerintah Kota Semarang berusaha mengubah citra itu dengan membukanya sebagai tempat wisata dan benar-benar dirawat, bersih pokoknya. Bener-bener enggak ngeri sama sekali! (kalau siang hari hahaha)

Dulunya Lawang Sewu menjadi pusat kantor Belanda bernama Indische Spoorweg Maatscappij sebagai perusahaan yang membangun jalur kereta api antara Semarang, Solo, dan Jogja. Maka dari itu kalau kalian teliti, ketika berkunjung akan ketemu sebuah kepala kereta yang desainnya memang jadul banget khas masa kolonial sebagai bukti kalau Lawang Sewu memang pernah menjadi pusat kantornya.

Oh ya, ngomong-ngomong kereta zaman dahulu dimuseumkan juga pada salah satu museum di Kabupaten Semarang bernama Museum Kereta Api Ambarawa. Kalau kalian penasaran bagaimana sih rasanya naik kereta zaman kolonial, museum ini membuka wisata lokomotif uap. Asyik bener kan? Kapan lagi bisa mencoba naik lokomotif uap di zaman modern seperti sekarang ini. Pokoknya Lawang Sewu dan Museum Kereta Api Ambarawa merupakan satu pasangan yang menarik banget untuk dikunjungi!

2. Kota Lama Semarang



Saya sebagai orang yang senang sekali menggunakan moda transportasi kereta api pasti sering mampir ke stasiun di Semarang. Beruntungnya, stasiun di Semarang ini sangat dekat dengan wisata yang satu ini. Jika kalian turun di stasiun Semarang Tawang, enggak perlu lagi naik kendaraan umum untuk sampai di Kota Lama, jalan kaki saja sudah cukup karena lumayan dekat. Pertama kali saya berkunjung rasanya takjub sekali dengan bangunannya yang eropa banget dah!

Banyak sekali spot-spot menarik yang ada di Kota Lama ini, contohnya yang paling terkenal adalah Gereja Bledug. Salah satu bangunan yang ikonik banget di Kawasan Kota Lama. Setiap gang yang ada di kawasan ini memang menarik sekali untuk dijadikan tempat foto. Nah, tipsnya adalah kunjungilah tempat ini pada pagi atau sore hari saat cahanya sedang lembut. Kalau pagi, usahakan sebelum jam 9 karena bakalan panas sekali cuacanya. Bahkan saya pernah berkunjung saat tengah hari dan itu gileee bener panasnya!

Gereja Bledug



3. Tempat ibadah yang menarik

Masjid Agung Jawa Tengah
Ternyata selain Gereja Bledug di Kota Lama, Semarang mempunyai tempat ibadah lain dengan bangunan yang super keren banget. Pertama adalah Masjid Agung Jawa Tengah, ini menjadi masjid favorit saya karena terlihat megah sekali (semoga suatu saat berkesempatan untuk melihat masjid-masjid di Makkah sana yaa amin hehehe). Lokasinya cukup dekat dengan Lawang Sewu, sekitar 15-20 menit bergantung ramai tidaknya jalanan Kota Semarang. Kunjungi ketika sore hari menjelang maghrib supaya tidak kepanasan sewaktu jalan di lantainya. Setiap salat jumat, payung-payung besar di masjid akan dibuka sehingga lantai yang luas sekali itu bakalan selalu teduh ketika dipakai salat jumat.

Sam Poo Kong

Kedua, Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng selalu khas dengan bangunannya yang merah dan dekorasi yang khas negeri tirai bambu. Tempat ini dibangun di lokasi kedatangan laksamana Tiongkok yang terkenal bernama Laksamana Cheng Ho pada tahun 1400-an. Kompleks klenteng ini cukup luas, jadi siapkan tenaga yang cukup ketika berkunjung.

Pagoda Avalokitesvara
Ketiga, Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong. Saya selalu suka dengan arsitektur yang unik seperti vihara yang satu ini. Rasanya seperti sedang jalan-jalan di Thailand karena desain bangunannya yang Thailand-look banget (semoga kesampaian untuk berkunjung ke Thailand muehehe). Saya sempat menulis mengenai vihara BuddhagayaWatugong ini secara terpisah. Ketika malam hari, bangunan utama pagoda ini akan terlihat lebih menarik. Lampion-lampion mulai menyala dan lampu-lampu penerang membuat pagoda menjadi keren banget!

4. Brown Canyon


Saya rasa reputasi Brown Canyon semakin naik drastis akhir-akhir ini.  Bagaimana tidak, memang tempat ini terlihat eksotis banget. Sudah semacam Grand Canyon yang ada di US sana, tapi versi KW hahaha. Sebenarnya tempat ini bukan merupakan tempat wisata pada awalnya, melainkan sebuah tempat bekas galian tambang batu kapur. Walaupun demikian, tempat ini memang menarik banget apalagi datang ketika matahari terbit ataupun tenggelam. Sumpah, epic banget! Enggak ada lawan pokoknya.

Lokasinya dekat dengan kampus Univesitas Diponegoro Tembalang, mungkin sekitar 10 menit sudah sampai tempat ini jika menggunakan sepeda motor. Tapiii, sebelum sampai di lokasi kalian bakal melakukan off-road dulu hahaha, parah banget rusak jalannya. Asal motor prima, hal itu bukanlah masalah besar kok jadi santai saja.

Saran saya, jangan berkunjung pada siang hari. Puanaaasss banget, ditambah dengan debu yang luar biasa. Bisa-bisa langsung gosong semua kulit, seperti yang saya alami ketika pertama kali berkunjung ke tempat ini. Kalau beruntung, kalian akan bertemu banyak truk yang sedang mengangkut hasil tambang di sana. Iya, “beruntung” hehehehehe. Saya juga sempat menulis artikel khusus tentang Brown Canyon. Jadi, silakan mampir.

5. Kawasan Candi Gedong Songo


Setelah semua tempat yang saya sebutkan merupakan tempat yang memiliki cuaca cenderung panas, akhirnya sekarang ada yang dingin juga. Lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran yang tentunya udara di sana bakal sejuk banget, bahkan sesekali perlu jaket agar tidak kedinginan. Perlu sekitar 1 jam untuk sampai area candi dari Kota Semarang, yaaa lumayan lah karena harus naik gunung terlebih dahulu. Kecamatan Bandungan memang memiliki pesonanya tersendiri, karena memiliki suhu yang cukup kontras dengan Kota Semarang yang panas khan maeenn.

Hanya 5 candi saja yang bisa dikunjungi, walaupun namanya mengandung kata “songo” yang berarti sembilan. Konon katanya, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat sisanya. Lokasi dari masing-masing bangunan candi bisa dikatakan lumayan berjauhan. Maka dari itu, perlu tenaga yang ekstra agar bisa mengeksplorasi keseluruhan candi dengan berjalan kaki. Gedong Songo juga merupakan salah satu dari beberapa gerbang untuk mendaki Gunung Ungaran.     

Saya pribadi lebih senang mengunjungi Gedong Songo ketika pagi dan sore hari karena udaranya akan lebih sejuk kalau dibandingkan ketika siang hari. Atau kalau mau pemandangan yang unik, datanglah ketika kabut sedang turun. Ya memang tidak bisa diprediksi, tapi kadangkala kabut membuat sebuah tempat menjadi terlihat sangat dramatis! Terdapat satu kawasan berupa rumah-rumah kayu di tengah hutan pinus yang bisa sangat menarik ketika dipotret, kawasan tersebut bernama Vanaprastha Gedong Songo. Harus banget mampir kalau kalian sedang berada di kawasan Gedong Songo.

Vanaprastha
That’s all! Jadi, kalau kalian sedang berkesempatan untuk traveling di Semarang, list tempat di atas wajib banget dimasukkan dalam itinerary.

Video travel yang saya buat tentang Semarang




Selamat berkelana, semoga kita berpapasan!

Salam hangat,
Angga Tannaya

2 Responses to "Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berkunjung ke Semarang"

  1. Belum sempet ke Brown Canyon, nih! Yang lainnya udah pernah tapi rasanya masih kurang explore hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi. Kalau hanya 1 atau 2 hari, spot yang saya sebutkan di atas sudah cukup mewakili mewakili. Harus banget mampir Brown Canyon kalau balik lagi. Hehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel