Pesona Pink Beach Yang Tak Ada Duanya



Pesona Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Keberagaman menjadi salah satu hal yang membuat negeri ini tampak begitu memesona. Saking luar biasanya Indonesia, orang-orang dari penjuru dunia berlomba untuk bisa mengunjunginya. Entah untuk menikmati alam, ataupun budayanya. Saya setuju bahwa Indonesia memang benar-benar unik. Bayangkan saja dalam satu daerah ada kemungkinan terdapat lebih dari satu bahasa untuk berkomunikasi. Adat istiadat yang masih sangat kental menjadi salah satu faktor yang membuat Indonesia menarik. Hanya budaya saja? Tentu tidak. Alamnya pun luar biasa.

Spot apa yang pertama kau pikirkan ketika mendengar Taman Nasional Komodo atau Labuan Bajo? Pulau Padar, Loh Buaya di Pulau Rinca atau Loh Liang di Pulau Komodo? Kalau saya pribadi, selalu terbesit nama Pink Beach. Hal tersebut karena tempat itu luar biasa unik, sangat menakjubkan. Bagaimana bisa pasir pantai berwarna merah muda? Itulah mengapa saya begitu mendambakan tempat itu.

Di tahun 2019 saya bersyukur sekali bisa mengunjungi tempat idaman saya. Tempat yang bahkan entah kapan bisa saya kunjungi. Salah satu tempat yang selalu saya bayangkan keindahannya. Ternyata saya bisa mengunjungi tempat yang katanya “mahal” oleh orang-orang karena memang biaya untuk berkunjung ke sana tidaklah murah.

Setelah semua kegiatan saya di Desa Komodo selesai, saya berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat terkenal di kawasan TN Komodo. Mulai dari Pulau Padar hingga pantai eksotis yang hanya ada di TN Komodo saja. Saya sempat menulis cerita saya perihal Pulau Padar. Ceritanya bisa diklik di sini (Trekking Menuju Puncak Pulau Padar)

Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa hal mengenai transportasi di TN Komodo. Semua spot terkenal yang ada di sana hanya bisa dijangkau menggunakan kapal saja. Dan lokasinya pun cukup berjauhan. Rata-rata kita akan membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk sampai di setiap spot, bahkan ada yang lebih jauh. Jadi, jika kalian ingin santai dan memiliki waktu lebih untuk menikmati setiap spot, pilihlah jasa penyedia tour paling tidak 3 hari. Mengapa? Supaya tidak tergesa-gesa, karena sayang sekali jika waktumu terlalu dibatasi untuk menikmati tempat yang luar biasa indah.






Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Pink Beach. Sebenarnya banyak sekali pantai di TN Komodo yang memiliki pasir berwarna pink. Namun, hanya 2 saja yang paling terkenal, yaitu Long Beach dan Pink Beach. Sesuai namanya, Long Beach memiliki garis pantai yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Pink Beach, dan pasir di Long Beach terlihat lebih pink. Namun, entah mengapa orang-orang terlihat lebih banyak berkunjung ke Pink Beach (saat saya berkunjung), mungkin karena dunia bawah lautnya yang menurut saya lebih bagus daripada Long Beach. Jadi, selain menikmati pantai, pengunjung bisa sekaligus snorkeling. Tapi untuk kalian yang memang ingin sekali melihat pantai yang benar-benar pink, Long Beach adalah jawabannya. Saya sampai speechless dibuatnya. Pertama dalam hidup saya bisa melihat keunikan alam yang luar biasa seperti ini.

Long Beach
Usut punya usut, penyebab pasir di kawasan TN Komodo terlihat pink karena pecahan coral yang hancur diterjang ombak. Jika kalian berkunjung ke sana, cobalah lihat pasirnya dengan teliti. Ternyata memang banyak partikel berwarna merah yang ukurannya kecil sekali. Dan di sana pun saya bisa menemukan potongan coral yang masih utuh, belum terpecah. Oh jadi karena itu, pasirnya bisa berwarna pink. Terjawab sudah semua pertanyaan saya selama ini. Hahaha. Tapi jika kalian tahu, pasir pink di sana sudah tidak terlalu pink seperti dulu. Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang mencuri pasir dan dimasukkan ke dalam botol. Setelah saya bertanya pada warga dan membaca di sejumlah artikel, hal tersebut dibenarkan. Bahkan Kepala Balai Taman Nasional Komodo mengiyakan kejadian pencurian tersebut. Aduh, payah sekali.



Selain pasirnya yang unik, dunia bawah lautnya sangat buuuaguuss. Terumbu karang yang masih sangat terawat, pengelihatan sangat jelas, ikan-ikan yang tampak senang sekali memamerkan tariannya di depan saya. Seakan mereka tidak takut dan sengaja memperlihatkan pesonanya di depan para pengujung. Suatu saat saya ingin sekali bisa menikmati dunia bawah laut di level yang lebih tinggi, yaitu diving. Semoga saja suatu saat saya memiliki kesempatan untuk bisa mendapat pelatihan dan license untuk menyelam. Aamiinnn

Sayang sekali saat saya berkunjung ke Long Beach, ombaknya sedikit lebih besar. Hal itu menyebabkan kami yang berenang menjadi lebih berat untuk bergerak karena melawan arus. Jadi, saya singgah tidak terlalu lama di Long Beach. Kapal kami pun terseret lebih ke tengah laut, hal itu menyebabkan akses untuk menuju bibir pantai menjadi jauh, dan diharuskan berenang. Maka dari itu, kamera saya tidak bisa saya ajak menepi di bibir pantai. Sayang sekali, padahal saya ingin mengabadikan lebih detail lagi. Ya sudah, yang penting pesona Long Beach tetap tersimpan rapi di memori saya.

Pink Beach
Ternyata Indonesia memang luar biasa menakjubkan jika kita mau untuk membuka mata dan melangkah lebih jauh. Banyak sekali hal baru yang akan didapat ketika kita mau melangkah. Semoga saya bisa kembali lagi esok hari. Selamat berkelana, semoga kita berpapasan!


Salam Hangat,
Angga Tannaya

Video saya menjelajahi Pink Beach bisa dilihat pada tautan berikut


36 Responses to "Pesona Pink Beach Yang Tak Ada Duanya"

  1. kirain pink-nya tuh hasil editan, tapi ternyata emang warnanya beneran pink dong. udah dari tahun lalu pengen banget bisa ke Labuan Bajo, tapi belum kesampaian terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asliii, Mas. Kalau dilihat pakai mata lebih kelihatan banget. Semangat nabung, ga bakal kecewa pokoknya

      Delete
  2. Waktu ke Labuan Bajo ntah kenapa kapal kami nggak ke Pantai Pink ini. Aku juga nggak terlalu ngebet sih karena menurutku semua pantai sama aja hahaha. Nah belakangan pas pulang nyesel, lebih karena ngerasa kelewat pengalamannya aja gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenarnya hampir sama aja, tapi untuk pasir lebih pink dan garis pantai panjaaang. Jadi lebih puas kalau sekalian mampir hehehe

      Delete
  3. Aku baru tau malah kalo yang pink pasirnya ada di banyak pulau. Kirain cuma pink beach aja. Dulu pas kesana soalnya cuma ke Pink Beach. Ahahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Bahkan di Taka Makassar pun kalau diperhatikan ada partikel coral merahnya juga, nggak putih bersih.

      Delete
  4. Saya baru pernah ke Pink Beach. Belum pernah ke Long Beach. Wah, pasti keren ya, kalau foto-foto di Long Beach. Bener, Kak, alam Indonesia memang luar biasa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Long Beach menang di garis pantai yang lebih panjang, dan pasir yang lebih pink. Cocok banget kalau memang mau berburu yang memang benar pink hehe

      Delete
  5. Jadi kangen dengan Pink Beach dan Komodo. Waktu berkunjung ke sini tahun 2015, masih agak sepi dan belum se-hype sekarang. Pasirnya juga masih pink banget. Kabarnya sekarang pasirnya udah agak memudar karena banyak diambil orang untun dijadikan suvenir. Semoga pengunjung semua sadar wisata dan tidak melakukan hal gegabah seperti itu lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Kata masyarakat Komodo juga banyak yang mengambil pasirnya. Bahkan saya sempat melihat botol yang berisi pasir itu

      Delete
  6. Jalan2 saya belum jauh seperti Mas Angga hehehe :) Keren banget pastinya ke TN. Komodo dll. Mampir ke Pink Beach tentu membawa kesan tersendiri ya mas. Apalagi ketika kita bisa menikmati kehidupan bawah laut yang indah. Sayang ya di Long Beach ombaknya lagi lbh gedeee.....Kapan2 bisa deh pepotoan di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, pasti bisa hehehe. Saya juga belum terlalu jauh, menyesuaikan budget. Semoga bisa ke tempat lain yang menarik lagi

      Delete
  7. Ya Allah, dari dulu cuma lihatin foto, baca, dan nonton video orang-orang pada kesini. Benar-benar cakep banget tempatnya. Semoga saya bisa nyusul kesana. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semua orang pasti bisa kok ke sana. Berusaha menabung dan berdoa kuncinya, pasti akan banyak jalan hehe

      Delete
  8. Oh ternyata penyebab warna pink itu karena pecahan coral ya. Unik sekali
    Sedih banget pas tau banyak pencurian, duuuuh...
    Indonesia memang cantik sekali deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya sempat melihat juga botol-botol yang isinya pasir pink hasil sitaan di Kampung Komodo. Menyebalkan sih

      Delete
  9. Beberapa kali ke pink beach, saya selalu ngomelin orang yang ambil pasir di depan umum. Biar orang yang lain dengar dan orang yang salah ini punya sedikit rasa malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap tuuhh. Sayang banget sih kalau banyak yang masih kaya gitu. Pihak penyedia tour juga seharusnya filter pelanggannya

      Delete
  10. Betul. Rasanya 3 hari memang waktu ideal minimal ya. Aku sih pengennya ambil tur live on boat, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lebih mantaaapp. Jadi bakal lebih puas buat eksplor hehe

      Delete
  11. Udah terkagum-kagum dengan keindahan pantai pink. Jadi sedih juga karena jumlahnya berkurang. Padahal proses menjadi pink begitu kan panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget. Padahal pasirnya jadi salah satu keunikan di sana

      Delete
  12. Aah, tempat ini ngangenin banget. Aku ke sana terakhir tahun 2014, tiga hari live on board. Pulang-pulang gosong abis tapi puas banget. Tiap hari liat pantai indah.
    Thanks for sharing Mas...

    ReplyDelete
  13. Indahnya warna pantai disana yah,mbak. Aku tuh pengen banget mau kesini melihat langsung warna pantai yang indah. Hmm, memang kurangnya di negeri kita ini begitu yah, ada aja pencurian di tempat wisata yang membuat sesuatu indah menjadi rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa ke sana. Oh ya, saya laki-laki ya, Mbak. Namanya kan Angga hehehe

      Delete
  14. Cantiknyaaaa... Duh semakininginke sana juga nih..menikmati pantai pink! Eh beneran ada yg ambil pasirnya? Mungkin mereka pikir ngambil sedikit ya..cuma sebotol..tapi lama2 bisa habis juga tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu botol tapi kalau semuanya ambil kan ya kerasa juga lama-lama

      Delete
  15. Pink beach itu emang sesuatu banget. Sebuah keindahan alam yang membuat kami bengong melongo ketika pertama kali melihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Keren sekali ya sudah sampai mana-mana nih Ibadah Mimpi

      Delete
  16. Saya pernah snorkeling di Pink Beach ini. Masya Allah terumbu karangnya banyak dan masih bagus-bagus. Semoga tetap terjaga biota di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga tetap selalu menyenangkan snorkeling di TN Komodo

      Delete
  17. Rezeki banget bisa main ke sana ya, memang cantik sekali pulaunya, pasir pink yang alami dan bukan hasil editan..

    ReplyDelete
  18. Masyaallah.. idah sekali ya wisata di pink beach taman nasional komodo..melihat foto-fotonya saya jadi mupeng!! mudah mudahan aku punya rejeki dan bisa kesana juga

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel