Aplikasi Yang Dapat Digunakan Untuk Edit Foto Traveling Kamu



Suka traveling? Suka foto-foto ketika traveling? Kalau begitu artikel ini mungkin cocok untuk kalian yang sedang mencari referensi aplikasi apa yang cocok digunakan untuk editing foto traveling. Saya akan coba mendeskripsikan aplikasi apa saja yang sering saya gunakan untuk mengedit foto saya di Instagram. Edit foto itu ibarat gula dalam secangkir teh. Teh yang diminum tanpa gula bisa saja dinikmati, namun tidak ada rasa manis di dalamnya. Maka dari itu, gula datang untuk mempermanis teh tersebut, dengan takaran yang pas teh akan terasa sangat nikmat. Namun, menjadi tidak bisa dinikmati jika gulanya terlalu banyak. Begitu juga dengan foto, jika foto diedit dengan takaran yang tidak berlebihan, maka foto itu bisa terlihat lebih cantik. Begitu juga jika terlalu banyak maka foto malah menjadi hancur.

Pada dasarnya, editing foto itu perihal selera masing-masing individu dan juga bergantung kebutuhan.  Namun, ada beberapa aplikasi yang menjadi favorit saya dalam melakukan colour corector. Berikut ini adalah daftar aplikasi di Smartphone yang sering saya gunakan bergantung pada fungsinya.

Aplikasi Yang Digunakan



1. Adobe Lightroom Mobile

Ini adalah aplikasi favorit saya untuk mengedit foto. Sebenarnya saya lebih senang menggunakan Adobe Lightroom versi desktop, tetapi karena kadang saya malas sekali buka laptop kemudian transfer file jadi saya menggunakan yang mobile saja, selain itu karena aplikasi ini gratis di AppStore. Kecuali jika foto yang saya potret berasal dari kamera, jadi sambil back up foto di laptop barulah saya memiliki niat untuk aplikasi di laptop saya.

Pada dasarnya, fitur yang ada di versi mobile maupun di desktop hampir sama. Hanya beberapa fitur tambahan saja yang tidak ada di versi mobile. Alasan mengapa saya menjadikan aplikasi ini favorit adalah karena aplikasi ini banyak fungsinya. Selain untuk editing basic, bisa juga juga untuk mengatur Hue, Saturation, dan Luminance, atau secara gampangnya aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah warna-warna dasar dalam sebuah foto secara wajar. Selain itu, kemampuan aplikasi ini dalam meningkatkan kecerahan juga sangat bagus. Sebagai contoh, ketika saya coba untuk mengatur foto yang gelap dengan menaikkan shadow, shadow yang dinaikkan sangat ter-cover dengan baik. Ada beberapa aplikasi yang jika digunakan untuk mengatur shadow, foto aslinya malah menjadi pecah. Namun, Lightroom mampu melakukan dengan lebih baik.



Perhatikan warna biru diatas. Saya menggubahnya menggunakan fitur HSL atau kalau di mobile bernama MIX. Bisa diubah sesuai selera saja.

2. Snapseed

Masih ada yang belum mengenal aplikasi yang satu ini? Saya rasa aplikasi ini cukup familier untuk kalian yang senang sekali editing foto di smartphone. Saya sendiri biasa menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi yang digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu. Fungsi yang saya maksud adalah brushing, spot healing maupun selective. Maksudnya adalah, ketika foto saya dirasa sudah pas pencahayaan dan warnanya, namun ternyata ada beberapa spot mengganggu dalam foto saya, misalkan burung yang tak sengaja terpotret, maka saya menggunakan aplikasi ini untuk menghilangkan burung tersebut. Ada juga kondisi ketika foto saya sudah bagus semua, namun ada satu titik yang masih gelap atau terlalu terang, maka saya gunakan fitur selective untuk menyamakan pencahayaan dalam foto saya. Masih bingung? Saya coba sertakan contohmya.


Saya akan menghilangkan bercak di foto tersebut menggunakan fitur healing. Dengan cara pilih Healing kemudian tinggal usapkan di bercak tersebut. Otomatis akan hilang dengan sendirinya.


Untuk menu selective sendiri saya akan menghilangkan vignette atau hitam-hitam di pojok kanan atas, dengan menu tersebut kemudian saya tambahi brightness dan kurangi contrast-nya. Maka hasilnya seperti gambar kedua.


3. VSCOcam

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi ini? Saya yakin mayoritas dari kalian mengenali aplikasi ini. Saya pun sampai sekarang masih sering sekali menggunakan aplikasi ini. Filter atau preset dalam VSCO keren banget! Gatau deh bagaimana cara bikinnya. Sangat banyak filter-filter yang keren banget untuk editing foto traveling. Walaupun tidak sedikit juga filter yang harus membayar. Tapi ketika sudah membeli, saya sama sekali tidak menyesal. Banyak juga foto di Instagram saya yang saya edit menggunakan VSCOcam. Kita juga bisa adjust pencahayaan foto seperti exposure, contrast, saturation bahkan fitur Hue, Saturation dan Luminance juga ada jika kita menggunakan yang versi VSCO X. Tapi karena yang versi X harus berlangganan, saya mengurungkan niat untuk mencoba fitur tersebut. Nah, maka dari itu, ketika kondisi seperti ini Lightroom sangat berguna untuk saya pribadi.

Filter di aplikasi VSCOcam

Sebenarnya, apapun aplikasi yang digunakan tidak akan bisa optimal jika kita juga tidak maksimal ketika menggunakan. Jika diperhatikan, fitur pada setiap aplikasi pun hampir sama. Namun, memang setiap aplikasi memiliki kelebihannya masing-masing, semua itu bergantung pada kemampuan kita dalam menggunakannya. Apapun aplikasinya, jika foto yang kita potret tidak maksimal; mau diedit seperti apapun tetap tidak akan maksimal. Maka dari itu, daripada harus bersikeras mengedit foto, lebih baik kita mengoptimalkan hasil potretan kita dari kamera maupun ponsel. Karena jika foto yang kalian hasilkan memang sudah maksimal, maka proses editing kalian akan lebih mudah dan hasil akhir foto kalian akan lebih sempurna.

Salam,
Angga Tannaya

0 Response to "Aplikasi Yang Dapat Digunakan Untuk Edit Foto Traveling Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel