Plataran Heritage Borobudur, Hadiah Staycation dari Uniqlo dan NKCTHI

Kadangkala, kejutan bisa datang dari manapun dan berupa apapun, bahkan dari pihak yang tak terduga.  Siang hari, ketika saya sedang bosan sekali dengan rutinitas sehari-hari−yang akhirnya saya habiskan waktu saya untuk menonton video di YouTube−tiba-tiba sebuah notifikasi dari Instagram saya terima. Sebuah DM saya terima dari sebuah fashion brand favorit saya, Uniqlo! Waduh, apaan, nih? Ternyata berisi ucapan selamat karena saya memenangkan sebuah kompetisi video yang telah saya ikuti beberapa waktu lalu. Wah! Tentu cengar-cengir sendiri dong saya. Karena terus terang saya tidak menduga kalau video saya ternyata dilirik oleh pihak Uniqlo Indonesia dan NKCTHI. Yes, kedua akun ternama sedang berkolaborasi.

Pada awalnya saya hanya berpikir "Mungkin sih saya dapat produk kali ini.", saya tidak berekspektasi tinggi terus terang saja soal hadiah. Tetapi ternyata hadiahnya sebuah kesempatan untuk staycation! Wah! Tapi, lagi-lagi saya tidak berekspektasi tinggi. Bisa jadi staycation kali ini senilai dengan produk dari Uniqlo. Jadi, sempat terbesit dalam pikiran saya "Kayanya lebih mending dapat produk saja kalau senilai.", ya tidak lain tidak bukan memang saya suka sekali dengan semua produk Uniqlo. Duh, bener, deh. Cukup banyak produk Uniqlo yang saya miliki, dah saya selalu pengen tambah. Hehehe

Setelah pengumuman saya mengirim data diri dan lain-lain untuk verifikasi. Menunggu keputusan dari Uniqlo selama berminggu-minggu, kok enggak kunjung dapat keputusan. Hampir sebulan kemudian akhirnya Uniqlo menghubungi saya melalui DM, bahwa saya diminta setor tanggal untuk saya menginap. Akhirnya saya putuskan untuk memilih tanggal 1 Maret, itung-itung sebagai hadiah ulang tahun yang telat beberapa hari. Hehehe. Dan tak diduga tak dinyana, saat saya bawa e-receipt ternyata saya diberi kesempatan untuk menginap di Plataran Borobudur Hotel! Waaahh, Plataran itu salah satu perusahaan yang sedang naik daun dan semua propertinya mewah. Ya tentu, saya tambah cengar-cengir. Pikiran untuk mending dapat produk saja akhirnya berubah drastis juga pastinya. Hahahaha

The day!

Saya berangkat dari Kota Semarang pukul 05.00 pagi karena perlu mengambil lensa terlebih dahulu di Magelang, padahal waktu check-in itu pukul 14.00 seperti hotel pada umumnya. Jadi, mau tidak mau harus ngelayap pergi ke mana-mana dahulu sebelum ke hotel. Ngalor-ngidul dan akhirnya pukul 13.00 saya sampai di Plataran. Oh ya, di Borobudur sendiri terdapat 2 properti milik Plataran yaitu Plataran Heritage Borobudur Hotel yang saya tempati dan Plataran Borobudur Resort yang harganya jauh lebih mahal pastinya.

Memasuki gerbang Plataran, saya disambut oleh satpam dan ditanya keperluan saya. Karena saya akan menginap, saya diarahkan menuju parkiran dan lobby hotel. Suasana "heritage" dan tropical sangat terasa sesuai dengan namanya. Banyak ornamen-ornamen seperti candi lengkap dengan patung. Oh ya, bagi yang domisili KTPnya diluar Magelang perlu membawa surat antigen ya! Karena saya sempat melihat beberapa tamu pada sore harinya tidak membawa antigen dan mereka diminta untuk mengurus terlebih dahulu. Proses check-in sudah selesai, saya diberi welcome drink berupa minuman herbal dingin nan menyegarkan. Suasana lobby terasa sangat megah dan mewah, dan tentu saja kunci kamar menggunakan keycard sekaligus untuk mengakses lift.

Piano dalam Lobby

Kalau dilihat dari receipt, saya itu dapat kamar tipe deluxe alias yang paling rendah. Tapiii, setelah saya masuk ke dalam kamar kok ada bathup kok ada ekstra ornamen lainnya. Waduh, ini beneran apa salah kamar ya? Haha takutnya kalau salah kan saya enggak mampu bayar lebih. Seharusnya kedua fitur tersebut tidak ada di kelas deluxe. Dan seharusnya juga, kamar deluxe menghadap ke kolam renang, bukan malah menghadap pemandangan indah gunung menoreh. Tapi, masa iya bisa salah kamar, sepertinya tidak mungkin.  Jadi, saya berpikir ini jangan-jangan tipe kamar deluxe premiere alias yang kelas menengah di bawah tipe suite. Ketika saya lihat harga kamar pada hari itu untuk deluxe premiere per malam adalah IDR 2.800.000,- Wah, wah, wah kaget saya! Mana mampu saya kalau suruh bayar sendiri . Uniqlo Indonesia dan NKCTHI kenapa baik sekali kepada saya. Terharu saya haha.

Bathup

Working space

Ornamen ekstra

Karena sudah capek dari pagi mondar-mandir sambil menunggu waktu check-in, leyeh-leyeh dahulu adalah hal yang menyenangkan sebelum explore. Saya diberi tahu bahwa Plataran menyediakan afternoon tea pukul 16.00, tentu saja jangan sampai terlewat dong. Jadi, restoran terletak di sebelah kolam renang, bagi yang ingin menikmati afternoon tea atau sarapan sambil berenang bisa banget. Tapi, pastikan harus reservasi terlebih dahulu mengingat Covid-19 sedang merajalela. Waktu per keluarga untuk berenang adalah masing-masing maksimal 1 jam. Setelah itu harus langsung bergantian dengan keluarga lain.

Dalam tipe kamar Deluxe terdapat 2 tipe bed, yaitu twin dan king size. Saya dapatnya yang king size dan bener-bener gedeee ini tempat, saya rasa untuk 3 orang masih muat. Pertama kali masuk kita akan dapat buah-buahan segar dan Aqua Reflection, seperti hotel berbintang pada umumnya hanya saja kali ini yang versi premium. Ruangan sangat luas bernuansa putih dan bikin nyaman sekali karena dapat nongkrong di balkon sambil bikin teh hangat dan terkagum-kagum karena pemandangannya. Sebelum explore wilayah hotel, saya putuskan untuk menikmati afternoon tea dahulu di pinggir kolam renang, takutnya kehabisan. Karena cemilan yang disajikan bermacam-macam dan semuanya enaaakk! Keluar dari bangunan hotel, terasa sekali nuansa heritage sesuai dengan yang saja jelaskan di awal tadi. Bangunan seperti candi, dan banyak persawahan luas yang cakep banget untuk foto-foto, ditambah dengan pohon kelapa di sepanjang jalan masuknya.

View dari balkon

Untuk makan malam, saya memutuskan untuk order melalui ojek online saja karena mager untuk keluar-keluar cari makan, karena lokasinya tidak dekat-dekat amat dengan pusat kuliner di Borobudur. Tenang saja, para ojol sudah biasa menerima pesanan dan masuk ke dalam area Plataran, jadi enggak perlu kita yang keluar hingga pos satpam.

Esok harinya, saya sengaja bangun lebih awal supaya enggak ketinggalan momen sunrise karena pemandangan dari hotel asli cakep banget! Saya enggak mau melewatkan kesempatan ini dan mumpung cuaca sedang sangat cerah. Mestakung banget, bersyukur sekali saya karena enggak ketemu hujan selama perjalanan hingga hari kedua saya di Plataran. Sebelum sarapan saya explore dahulu cahaya sedang bagus sekali untuk berfoto, biar suasana tropisnya terasa. Hehehe

Sarapan sampai pukul 10.00, seperti hotel pada umumnya. Saya memutuskan untuk sarapan sambil berenang karena memang resto bersebelahan dengan kolam, dan terdapat banyak meja outdoor-nya. Sayang saja kalau sampai melewatkan fasilitas yang ada, apalagi ketika berenang serasa milik pribadi karena setiap keluarga harus terpisah waktunya untuk berenang. Semua menu sarapan disajikan secara prasmanan, namun karena pandemi yang menyajikan di piring adalah petugas restonya. Kita tinggal tunjuk-tunjuk saja. Menu sangat enak dan bervariatif. Seneng banget saya karena serasa dikelilingi makanan enak dan kita bebas ambil. Hahaha

Breakfast by the pool

Waktu untuk check out adalah pukul 12.00, seperti hotel pada umumnya. Sumpah, ini jadi salah satu hari terbaik bagi saya. Senang sekali rasanya saya dapat menikmati hotel semacam ini, biasanya hanya bisa mupeng saja saat melihat-lihat review di aplikasi. Saya sangat-sangat berterima kasih kepada Uniqlo Indonesia dan NKCTHI karena telah memberikan saya kejutan ini, sungguh pengalaman yang sangat berharga dan tak terduga! Tidak akan saya lupakan seumur hidup saya.

Selamat berkelana, semoga kita berpapasan!

Salam hangat.
Angga Tannaya

0 Response to "Plataran Heritage Borobudur, Hadiah Staycation dari Uniqlo dan NKCTHI"